Minggu, Januari 15, 2012

BLOWIN' UP!

Di beberapa postingan gue sebelumnya, gue cukup sering menyebutkan dan menceritakan mengenai BlowUP! bahkan, kalau kalian lihat di sidebar sebelah kanan, gue punya label sendiri untuk postingan yang "mengandung" BlowUP!

Emangnya vi, BlowUP! itu apaan sih?

BlowUP! (ditulis sepaket dengan tanda seru) adalah sebuah mimpi iseng yang dilotarkan gue dan Defri sekitar 1,5 tahun yang lalu. Alkisah, gue dan Defri tergabung di sebuah komunitas blogger Indonesia, Rumah Blogger (as known as RB). Usil punya usil, Defri nyeletuk buat bikin komunitas blogger di kampus UPI, dan bahkan dia udah mikirin namanya; Blow-up. "Tapi gue belom tau W-nya apaan. Yang pasti BLO-nya diambil dari blogger, UP-nya diambil dari UPI" gitu katanya.
Sang pencetus nama Blow-up

Merasa excited dengan ide selewat itu, gue mulai blogwalking dan ternyata menemukan beberapa blog yang ternyata sang empunya adalah sesama mahasiswa UPI. Saat itu, gue baru nemu Dini, Latif, Abel, Kang Fajar dan Fahmi. Gue pun membuat grup di FB dan mulai mencari blogger UPI lainnya melalui jejaring sosial itu.

Sedang asik-asiknya ngumpulin blogger UPI, (waktu itu masih nggak tau tujuannya buat apa. Seneng aja kenalan sama orang-orang yang sehobi dan sekampus) tiba-tiba seorang kenalan dari Telkom Speedy---Pak Eri---yang biasa mengadakan berbagai event keren dan seringkali mengundang RB, mengontak gue. Menawarkan diri untuk melaksanakan salah satu program CSR-nya Telkom di UPI.
Marketing Managernya Telkom, ikut andil dalam membantu BlowUP! ngeksis di berbagai acara

event yang ditawarkan Pak Eri dikemas dalam bentuk seminar dan talk show. Sebagai seorang yang sangat minim dalam pengalaman organisasi, gue nyadar nggak bakal bisa mensukseskan acara ini sendirian. Akhirnya, gue dan Defri memutuskan untuk mengadakan 1st gath dengan para blogger UPI yang telah tergabung di group FB sebelumnya.

Para Founder BlowUP! Setahun yang lalu (15 Januari 2011)
Kang Fajar, salah satu blogger yang gue kenal karena memegang tanggung jawab untuk website MIMOSA 2008, membawa beberapa temannya dari jurusan Teknologi Pendidikan (Tekpend)saat itu. Nyadar kalau kita butuh organisasi legal untuk ngadain acara di kampus, kami pun berencana mengadakan acara ini atas nama Hima Tekpend. disinilah gue mengenal Afief, blogger dari Tekpend yang mukanya terlihat serius dan kebapakkan. :P

Dalam persiapan acara yang cukup singkat ini; (kita cuma persiapan selama kurang dari dua bulan) BlowUP! (yang akhirnya diputuskan W-nya adalah Warga, dan entah kenapa orang-orang suka nambahin tanda seru di akhir kata UP-nya) dapet banyak teman baru yang bersedia mensukseskan acara dadakan ini.

Pak Eri, selalu enerjik sebagai pemateri
Pemateri 2, Blogger senior dari UPI

Pemateri 3, Mengangkat tema personal branding dengan Blog

MC-nya cantik. *eh
Daaaan, ini dia para tim sibuk acara perdana ini! Thumbs up for u all, guys!

Setelah acara perdana itu selesai, barulah kita punya cita-cita bersama untuk menjadikan komunitas ini lebih ngeksis lagi.
Mau tau cerita selanjutnya? Klik read more ya.. (☞゚ヮ゚)☞

BlowUP! sempet menarik perhatian para dosen juga. Alhamdulillah, kami dipertemukan dengan Pak Eki yang senantiasa membimbing kami, dan Pak Adhi yang memberi kado terindah buat BlowUP!: blowupi.info, sebuah web resmi BlowUP! yang menambah kelengkapan kami sebagai Komunitas Blogger.
Do visit blowupi.info!

Tahun 2011 akhirnya terisi dengan hari-hari bersama anggota BlowUP! (yang nambahnya sedikit-sedikit, tapi Alhamdulillah nambah sih...) Dengan berbagai kegiatan. Dari mulai makan-makan, main, jalan-jalan, serius-seriusan, ikutan seminar, dan lain sebagainya.

Akhirnya, setelah setahun berjalan sebagai komunitas informal tanpa struktur organisasi selama satu tahun, kami memutuskan untuk melangkah ke tahap yang lebih serius. Tepat 1 tahun kurang 1 hari setelah first gath, kami mengadakan first mubes. Dalam musyawarah besar ini, kami akhirnya meresmikan Afief sebagai ketua pertama komunitas BlowUP!
Suasana Mubes pertama BlowUP!

Keputusan forum. Err, abaikan dua wajah itu.. :P
Peresmian yang diputuskan akan jadi tradisi: potong awug!

Meriahnya BlowUP! setelah pemilihan ketua: Paketu pake TIARA!
Well, satu tahun bukan waktu yang sebentar untuk merintis komunitas ini jadi sampai seperti sekarang. Gue sangat berharap komunitas ini bakal jadi komunitas official nantinya. Semoga visi kita tercapai, guys! And congratz for our very first leader, we put our trust on you!

Ps. Kalau kalian blogger dan bagian dari civitas UPI, boleh gabung dengan kami, silakan pilih mau yang mana duluan yang di klik:
Twitternya
Facebook Groupnya
Facebook Fanpagenya
Websitenya

10 komentar:

  1. Ga ada photo sayah... :p
    happy blogging... :)

    BalasHapus
  2. Ini akan menjadi catatan sejarah untuk UPI. Thanks for the history!

    Hidup BLOW UP!

    BalasHapus
  3. teh itu yg ngash blowup.info pa adi yg dosen b.inggris bkn ?
    :D

    BalasHapus
  4. maksudnya ap tulisan "abaikan dua wajah itu" ??
    saya tidak terima,, *sambil banting pintu >,<
    *colek putdar

    setahun kebersamaan yg penuh arti
    semoga Allah memperpanjang tali persaudaraan kita
    sukses untuk BLOWUP!
    sukses untuk kita semua
    Amin Ya Allah :)

    tiap kali liat photo plg terakhir, sya g bisa tahan buat g ketawa,, unyu-unyu,,hahhaha

    BalasHapus
  5. apah??? itu salah ketik,, kegantengan harusnya.!

    BalasHapus
  6. Juru fotonya gak hadir -_+

    BalasHapus
  7. @sandi: Adaa! itu, yang di foto rame-rame ;D
    @Pak Eki: Kyaaa, amiin.. Thanks udah jalan2 ke blog saya, pak.. Hiduup! >.<
    @Hendri: Iya hendri, Pak Adhi yang itu, hehehe..Alhamdulillah, ya..
    @Anu: Keren, tapi kurang motah..ahaha :P
    @May: Ahaha, udah banting pintu terus balik lagi, cengar-cengir, yah? Hhi..amiin, amiin..happy anniversary for us!
    @Apip: APAAA..?? *jelegerrr (langsung ada thunderbolt)
    @Kangkus: Iyaa..jadi potonyah pas2an, hiks.. :(

    BalasHapus
  8. baru baca yang ini,ternyata saya gak disebut..-__-"

    BalasHapus
  9. Waduh, jadi ini sejarahnya ya. Saya baru tau skitar 2 tahun lalu ada komunitas ini. Dan baru join di web sama grup fbnya, itu juga belum pernah ngepost apa2 XD

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...