Selasa, Desember 01, 2009

Paranormal Activity. Trully Scared (???)


Mungkin hampir semua penonton yang telah menyaksikan Film PARANORMAL ACTIVITY bertanya-tanya, apakah film ini;

 a. Hasil rekaman asli yang ditayangkan di layar lebar? (dengan sedikit proses edit, tentunya)
 b. Film BASED ON TRUE STORY yang direkonstruksi ulang ?
 c. Film ini TOTALLY FICTION?

Well, pengemasan film ini dengan ide barunya amat-sangat memuaku bagi saya. Ini adalah film pertama (yang saya tonton) yang mengemas ceritanya dengan sempurna sehingga seolah seperti film dokumenter ASLI.

Film ini bercerita tentang sepasang kekasih yang diteror di sebuah rumah. Karena penasaran, Micah (Si Cowok) nekad melakukan sebuah 'riset' dengan menggunakan kamera dan papan Ouija















Film ini sungguh membosankan di awal, dengan berbagai dialog yang monoton, dan blah blah ngga penting. ~.~.
Namun, untuk orang yang suka dengan ketegangan dan pemacu adrenalin, cobalah untuk bersabar menunggu puncak ketegangan itu di akhir film.
(atau kalau nonton di DVD, fast forward aja. LOL)


Jadi, sebenernya ini film beneran, atau bukan??










Ya, jawabannya adalah C. Film ini TOTALLY FICTION!
Tak percaya?
Ketidakpercayaan saya (dan mungkin juga anda) membuktikan keapikan mereka dalam mengemas filmnya.

Sebenarnya, film ini diproduksi dua tahun lalu, sekitar tahun 2007.
Ini hanyalah film indie yang naskahnya ditulius oleh Oren Peli, seorang screenwriter yang sangat takut pada hantu. Bahkan, si director ini takut untuk nonton Ghostbuster, yang jelas-jelas cuma film hantu KOMEDI.

Katanya, ia sering merasa adanya hawa-hawa gaib dirumahnya. Ia pun mendapat ide untuk membuat film tersebut di RUMAHNYA SENDIRI.
Tak heran mengapa biaya produksi yang dikeluarkan untuk memproduksi film ini termasuk rendah. PARANORMAL ACTIVITY bahkan disebut-sebut sebagai film horor termurah sampai saat ini. Mungkin karena mereka memakai sedikit crew, kamera, dan bahkan tak mengeluarkan biaya untuk lokasi syuting!MySpace



Secara keseluruhan, film ini patut diacungi jempol. Dengan bermodalkan sedikit dolar dan merangkak melalui festival-festival film indie, mereka mampu mencuri perhatian salah satu distributor film terkemuka, PARAMOUNT dan menembus rate melebihi film "SAW VI".
Kehebatan lain dalam menyembunyikan 'kepalsuan' film inipun disempurnakan dengan poin-poin berikut:
  • Di awal cerita, mereka menuliskan bahwa "Film ini didedikasikan pada Micah dan Katie". Kalimat ini membuat seolah film ini adalah asli, atau bahkan rekaman hasil dari Micah dan Katie sendiri.
  • Saya tidak menemukan gambar behind the scene pembuatan film ini. Mungkin karena pembuatannya 2 tahun yang lalu. Namun, hal ini seolah memperkuat prediksi bahwa film ini adalah nyata, dan tak ada proses syuting-syutingan segala.
  • Micah dan Katie adalah nama asli aktor itu sendiri (nama asli mereka adalah Katie Featherston dan Micah Sloat). Apakah mereka tak memakai nama panggung agar terasa lebih real?
Penilaian saya:

  • visualisasi : Mengingat konsep film ini adalah reality (dokumenter), visualisasinya sangat meyakinkan. Dengan pengambilan sudut yang menampakkan keamatiran sang cameraman, namun tetap rapi dan sangat real
  • Jalan cerita : Sayangnya, tidak dijelaskan mengapa Katie (Si cewek) diteror seperti itu. Dan, tidak dijelaskan pula bagaimana keadan 'jenazah' Micah saat ditemukan. Tergigitkah? tercabik-cabik? Terpotong-potong? (Uhhhh..MySpace)
  • Sound effect: Sebenarnya, film ini sama sekali tak menggunakan musik latar atau efek suara apapun kecuali suara-suara yang dibuat senatural mungkin. Justru hal itulah yang membuat film ini SANGAT MENAKUTKAN!
  • Keseluruhan : Cuma dua kata untuk menanggapi film ini; GREAT JOB!!! MySpace
 

    15 komentar:

    1. katanya film itu dijadiin the scariest movie of the year.. is that true?

      BalasHapus
    2. jadi pengen nonton nih, katanya film ini ada 3 ending. jadi kalo nonton di bioskop, internet dan dvd yaa endingnya beda2.. (kata orang2 di YouTube)

      BalasHapus
    3. oiaa,, pernah baca di koran itu. thanks infonya, pas mw hunting film ni, hhaha. DVDnya uda keluar kan?

      BalasHapus
    4. @ pinkkkk
      Ya, sesuai dengan testimoni yang tertulis di bagian atas poster film ini, bloodydisgusting.com menobatkan film ini sebagai "one of the scariest movies of all time"
      beberapa artikel juga menobatkan film ini sebagai "the Scariest Movie Ever Made". Hanya saja, ngga jelas siapa yang menobatkan film ini sebagai "scariest movie of the year". ;)

      @Anangga
      iya, ada tiga ending. mau dibahas satu-satu? ;)

      @reena
      kayaknya udah ada. Katanya temen gw ada yg udah ntn di DVD. berarti udah ada. Tapi nggak tau tuh, bajakan apa orinya. hehehe.

      BalasHapus
    5. woooow..reviewnya lengkap sekali :D

      aku belom nonton nihhh! jadi mauuuuu liaaaat...

      BalasHapus
    6. waw membuat penasaran sekalii..hehe

      BalasHapus
    7. yg gw review adalah kaki anda yg naik k atas paha saya dan tangan saya yg meremas paha anda karna kita sama2 ketakutan

      BalasHapus
    8. makasiih..
      bisa nyari DVD nya neeh

      BalasHapus
    9. Gue nonton sama anak2 sekelas gue. Dan film itu sungguh2 mengecewakan.

      ...

      Tapi ada yang bilang itu serem. Ga tau deh .

      BalasHapus
    10. Oiya. Bener tuh, film ini endingnya beda. Temen gue yg nonton di blitz bilang endingnya begini, dan gue yang nonton lewat hasil donlod inet ngeliat endingnya begitu. hahaha

      BalasHapus
    11. @ichaelmago : iyaa, ayo ayocepetan nonton, hihhihi. Tapi ati ati, efeknya ngga ilang berhari-hari, huhu
      @abang Riyano : iyya bang, hehe. seru looh
      @sapi : ssssssstt!! >.<
      @reena : oki doki.;)
      @momod : iyaa, tapi endingnya beda ama yg di biskop loo. :D
      @shintung : iya shintung, ada tiga ending berbeda, hohoho.. Udah nonton? gmna, gmna? serem ga?

      BalasHapus
    12. hai kawan,. cma mo kasih tau kebetulan sedang ada banyak permintaan backlink,. jadi sklian mampir, ku pasang link kamu, berharap kamu juga pasang link aku,. slam knal,. makasi,. di konfirm ya,. klo dh terpasang ALL IN tUmBuH

      BalasHapus
    13. Bener banget.. pas nonton, awalnya ngantuk banget nih.. ngbosenin abis. tapi pas udah ktengah2.. ni pelem emang bikin napas turun naek juga nih. :D

      oh y, salam kenal. btw anak UPI jg ya? jur. apa?

      BalasHapus
    14. Lumayan keren ni pilem.. :)

      adegan seru saat si cewek di tarik kakinya menuju keluar kamar..hui2 serem..

      yang bikin saya heran kug bukan cowoknya aja yg tidur disebelah Pintu,.dah tau si cewk sring ngalamin hal aneh2,(mngkin hntuny gak doyan ma laki2 nyak..) *bisa salah tarik si hantu*.. :D
      nice info sist..
      slam olahraga.. XD :thumbsup: ^
      . . XD

      BalasHapus

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...