Jumat, September 10, 2010

No, Im NOT a Good Chef! :((

LEBARAN identik dengan suara beduk. Hal itu bikin semua hal yang identik dengan lebaran diidentikkan juga dengan beduk. Baju baru yang kamu beli pas bulan puasa? Baju Beduk. Kue yang kamu buat untuk menyambut tamu di hari lebaran? Kue Beduk. Pacar baru yang kamu dapet pas lagi terawehan buat dikenalin ke keluarga pas lagi lebaran? Pacar Beduk.

Nggak mau ketinggalan, gw juga ngikutin "budaya beduk" ini. Bukan, gw nggak ikut-ikutan nyari Pacar Beduk, kok. Gw juga nggak meneruskan tradisi gw semasa masih kecil ; maksa nyokap gw ngebeliin baju beduk. Tapi, gw meneruskan tradisi beduk yang positif, yaituu.... berusaha membuat KUE BEDUK!!!MySpace

Semangat? Jangan ditanya.. Gw bercita-cita pengen seperti Farah Quinn, Chef sexy yang item manis, cantik, pinter masak pula. Dan satu-satunya kesempatan untuk gw bisa merasakan feelnya jadi Chef kayak Farah Quinn, cuma di momen lebaran. Pasalnya, nyokap gw mau bantu. Oven, loyang, mixer, semuanya dikeluarin cuma setahun sekali; pas lebaran. Selain itu, liburan di bulan puasa juga membuat gw punya banyak waktu luang. Yaa, anggap saja ngabuburit (meski sedikit menyiksa karena wangi kuenya sangat menggoda).MySpace

Tapi, kalo masalah skill? hehehe.. Gw jawab dengan cengiran aja deh.. Gw bukan orang yang bisa mengira-ngira perbandingan yang baik antara terigu dan gula itu sebaiknya segemana, efek kuning telor ama putih telor ke si kue itu apa, dan sebagainya. Boro boro kayak begituan, ngapalin resep aja gw nggak bisa. alhasil, setiap bikin kue pasti harus selalu liat panduan. Baik itu dari klipping majalah masak-masakan nyokap gw, dari koran, dan berbagai media lainnya termasuk internet.
Sayangnya, dua kali ngeliat resep di internet, dua kali juga gw kejebak.

First Case
Kasus yang pertama, nyokap gw yang googling resepnya. setelah dapet, beliau mencatat kembali resepnya di sebuah kertas (males ngprint kali yee) Disitu tertulis 2 1/2 gr susu encer. Dan nyokap gw nulis di kertasnya 2 1/2 gl susu encer. (gl= gelas. Dua setengah gelas!!) Dengan perbandingan tepung terigu dan susu encer yang nggak masuk akal, otomatis adonan kue beduk gw jadi begini tampilannya:



Tapi setelah dipikir-pikir lagi, ini bukan kesalahan yang pure karena salah tulis. Coba diresapi lagi kata-kata ini: 2 1/2 gr susu encer. Lho, lho, susu encer kok satuannya pake gram? Lagipula, kalo satuannya gram, biasanya puluhan atau ratusan gitu, 20 gram, 300 gram, dan sebagainya. Nah ini, 2 1/2 gram? Wah, sesat nih resepnya... ~.~ (untuk melindungi nama baik, linknya tidak akan saya cantumkan di sini)

Alhasil, dengan kreativitas ibu dan anak yang terlalu tinggi ini, kami campurkan aja berbagai bahan lain seperti terigu dan sagu supaya adonannya jadi lebih jelas sedikit. Sampe bisa kita cetak dengan cara di-semprit-in, terus di panggang dengan setengah hati. Alhasil, kuenya jadi seperti ini...
Bentuk yang aneh~ tapi setidaknya, bisa dimakan...



Second Case
Lagi-lagi, masalah perbandingan yang kurang masuk akal. 350 gram tepung terigunya harus dicampur dengan cuma 100 gram mentega aja. Padahal biasanya, 300 gram tepung terigu itu minimal dicampur sama 300 gram mentega (bukan sok tau, tapi yang berhasil sih gitu, minimal sama beratnya sama si terigu. Lebih bagus lagi kalo menteganya lebih banyak, tergantung jenis kuenya). Bodohnya, gw baru nyadar pas semuanya udah tercampur. Kebodohan gw yang lainnya adalah, lupa masukin telor. Hasilnya, si adonan jadi terlalu kering dan nggak bisa dicetak (istilahnya: nggak kalis).


Ini adalah kue terakhir yang dibuat. Berhubung gw udah putus asa dan gw juga ada kepentingan laen yang nggak bisa ditinggalkan, (gw ngajar sekarang. Waw, jadi bu guru) jadi gw nggak ikutan nerusin bikin kue beduk yang satu ini. Mungkin adonannya diakalin lagi dengan dibantu kreativitas dan imajinasi nyokap gw yang tinggi. Tapi lumayan, hasilnya lumayan cantik karena dicetak bentuk bunga.

Third Case
Kasus ketiga, bukan salah dari resepnya. Bukan salah baca, salah nulis, atau resep yang aneh. Tapi gara-gara gw yang menyepelekan perbedaan yang cuma segaris doang di timbangan coklat bubuk. 
Untuk membuat kue yang satu ini, dibutuhkan 60 gram coklat bubuk. Kebetulan, ada sebungkus coklat bubuk di dalam plastik, gw timbang aja tuh. Hmmm, 70 gram. Beda-beda dikit doang lah. Jadi, gw masukin semua coklatnya tanpa mengingat-ingat bahwa coklat bubuk itu nggak manis-manis banget, ada PAHIT-pahitnya. 
Doh~MySpace
Alhasil, selain warnanya kelewat item (kayak yang bikinnya? T.T), rasanya juga mengandung sedikit rasa pahit. (SEDIKIT kok. Jangan salahin gw yaaa? *nangis*) Tampilan visualnyapun agak sedikit aneh.

Ini bukan angus. Masuk oven aja belom.

Tapi, kue ini crunchy loh, ini gw masukkin kategori sukses deh...*maksa

Nggak semua kue yang gw buat gagal  kurang berhasil, kok. Kue suksesnya malah kue yang dibikin paling pertama, kue beduk yang sangat umum, yaitu Kue Putri Salju. 


Tapi, nggak lepas dari ke-ngacoan gw, ini kue lebih kayak kue keju dibalur gula halus. Ini mungkin karena nyokap gw terlalu semangat memarut keju. Biasanya kue salju memang dicampur sedikit keju, ini malah kebanyakan.Kuenya jadi keju-banget. Tapi, yahhh enak loh, gurih! #menghiburdiri MySpace

Beberapa orang mungkin berpikir cerita seperti ini aib, tapi, ada gunanya juga hal seperti ini didokumentasikan. Bisa jadi pelajaran supaya gw, (dan kalian yang membaca) berhati-hati dalam membaca resep dan dalam memperlakukan adonan kue beduk. Semoga tahun depan, gw bisa jadi the real chef yaa...

Bonus:
Gw pecinta blog-blog fashion seperti Kak Diana dan Kak Fika, tapi baru sekarang ngambil foto sok-fashion-blogger-begini. :P
Spesial karena ini hari yang spesial, i presents you, My Beduk Lebaran Outfit...!! (maksa bener ya judulnya?)


6 komentar:

  1. coba lain kali ambil resepnya yg ada di majalah kartini gt.mamaku seperti itu soalnya.hehe.... :-)

    btw nice self-portrait. :-P

    BalasHapus
  2. ini masih mending hehehehe coba kalo aku? -_-" udah bentuknya abstrak pasti juga gabisa dimakan *ngakak*

    BalasHapus
  3. huahahaha bikin kue emank susa2 gampang :)

    met kenal ya :) mau exchange?

    BalasHapus
  4. @jacob: iyayaa, sepertinya majalah lebih bisa dipercaya..~.~
    @ocky: ahahaha, masa siih? aduh, sayang banget dong tuh..dikemanain dong kuenya? :P
    @aris: iya.. T.T
    boleh boleh

    BalasHapus
  5. mau dong dikirimin kue beduknya :D

    BalasHapus
  6. Hihihi... Jia you sis!!! Nyoba bikin lg. ^_^ Met kenal ya. Aku felyina di GM. maen k blog ku ya.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...