Kamis, Juni 03, 2010

Motif Polkadot di Wajahmu

Siapa sih yang nggak suka motif polkadot? Lucu, imut, ngegemesin. Tapi, kalo motif polkadotnya ada di muka alias jerawatan? Huuh, bikin jengkel yang ada.  Kayak gw nih, gw sebenernya termasuk jarang dan hampir nggak pernah jerawatan, sekalinya jerwatan kalo menjelang period doang, dan itupun satu biji dan cepet ngilang (oh, kangennya diriku pada wajahku saat itu...MySpace)

Sekitar 3 minggu yang lalu, tiba-tiba segerombolan jerawat menggerogoti kening gw. Kesel, gw bertekad untuk melakukan gerakan anti-jerawat. Disini, kita bakal berbagi tips dan fakta-fakta mengenai si polka itu. Jadi, kalian yang belom terinfeksi bisa ancang-ancang, dan yang sudah terserang bisa memeranginya dengan baik dan benar.

 Apa Sih Penyebabnya?
Banyak, beberapa yang paling sering disebut adalah: Hormon, kotoran, kelenjar minyak, sampai ada yang bilang gara-gara pil KB atau terlalu banyak makan kcang. Sebenarnya, intinya dalah gara gara kelenjar minyak berlebih. Nah, berlebihnya si kelenjar minyak ini dapat dipengaruhi oleh faktor keturunan, atau juga hormon. Misalnmya, pada saat puber, kita memproduksi hormon sex seperti endrogen. Produksi hormon tersebut juga mendorong semakin banyaknya kelenjar minyak yang aktif di wajah kita. Itulah sebabnya, kenapa bapak-bapak atau ibu-ibu jarang ada yang jerawatan. Udah ngga musim lagi. :D


Kalo yang bilang gara-gara kotor juga nggak salah. Tumpukan sel kulit mati dan kotoran di wajahmu bisa nutupin jalan keluar bagi kelenjar minyak yang pengen keluar. Karena tersumbat, minyaknya ngumpul dan jadi komedo. Kalo kena bakteri dan infeksi, muncullah benjolan kecil yang ngegemesin yang sering kita sebut jerawat.

Kenali Posisi dan Penyebabnya

Photobucket

Pada kasus-kasus tertentu, jerawat cuma ngumpul di satu tempat aja, seperti yang gw gambarin di ilustrasi. (gambar dari google, gw edit. :P)
Kalau jerawatnya kebanyakan di kening, berarti gara-gara banyak pikiran. Tapi kalau di pipi, biasanya gara-gara jatuh cinta, kangen, ato hal-hal centil lainnya. Sedangkan kalau ngumpulnya di sekitar rahang seperti di gambar 3, itu gara-gara makanan yang sembarangan (beberapa makanan seperti kacang, gorengan, dsb dipercaya nambah produksi minyak di wajah).
Memang belom ada pernyataan ilmiah yang membenarkan "mitos" ini, tapi pernyataan ini gw dapet langsung dari orang yang pernah mengalaminya sendiri. Hmm, mungkin ada benernya juga sih, kening gw jerawatan sejak gw punya problematika kehidupan. :P

Pencegahan dan Perawatan
Intinya adalah kebersihan kulit wajah. Lakukan segala hal untuk menyingkirkan kotoran dari wajah untuk mencegah dan merawat muka dari jerawat. MySpace Eits, tunggu dulu, menjaga kebersihan kulit wajah ngga cukup dengan cuma cuci muka atau membersihkan wajah dengan cleanser aja, loh. Pernah kepikiran nggak, kalau sprei dan anduk yang kotor juga mendukung munculnya jerawat?
Nah, mulai sekarang, ganti sprei dan handukmu minimal 2 minggu sekali. Ngga mau juga kan, setelah cuci muka dan bersihin muka pake cleanser, pas tidur wajahmu malah nempel di kain yang sebenernya udah kotor.
Oya satu lagi, jangan terlalu sering menyentuh wajahmu! Telapak tangan dan jari-jarimu mengandung banyak kuman, loh. Abis pegang ini-itu, pasti banyak banget kuman dan bakteri yang nempel. Jangan sampai bakteri-bakteri itu berpindah ke wajahmu.

Recommended product

Ponds Anti Bacterial Facial Scrub. di kemasannya, memang hanya tertulis "mencegah jerawat", Jadi mungkin kurang cocok kalau untuk penanganan jerawat. Gw juga cuma pake ini sekitar 1 minggu. Ngga dapet efek yang terasa, gw pindah ke sabun pencuci yang lebih 'tradisional'
Ini dia sabun 'tradisional' yang gw maksud. Namanya sabun hijau, sabun antiseptik. Seorang teman merekomendasikan yang merknya ADEV, tapi berhubung gw ngga nemu, gw pake yang ini aja. Lumayan, dengan dikombinasi dengan obat jerawat yang malem, sangat membantu mengecilkan jerawat. Oya, hati-hati kalo busanya masuk ke hidung ato mata, periiiih banget,,,

Nah, ini yang gw maksud "obat jerawat buat malem" diatas. Namanya Acne Total Care Lotion dari La Tulipe. Sebenernya isinya bukan lotion, lebih kayak cairan gitu. Baunya rada-rada kayak belerang, denger-denger belerang emang bagus buat jerawat. Cara makenya simpel, cukup olesin tepat di tempat si jerawat bersarang, 1-2 jam sebelum tidur. Bawa tidur aja, ngga usah dibilas. Jadi, lebih baik sebelum pake cuci bersih dulu wajahnya.
Efeknya lumayan. Waktu jerawat gw belum ganas dan datengnya cuma satu biji satu biji doang, kalo pake obat ini malemnya, besoknya udah ngempesin. Tapi kalo sekarang, mungkin berhubung jerawatnya mengganas, need a lil bit more time than before buat ngerasain efeknya. Tapi, setelah 2-3 hari, beberapa jerawat gw mulai mengecil dan mengering. Ampuh deh pokoknya!
Yang ini, gw dapet gambarnya dari google. Waktu lagi cuap-cuap di forum cewek gurl.me, ada thread yang mengingatkan gw pada produk ini. Namanya bedak dingin Saripohatji. Jaman SMP dulu, gw suka pake. Dipakenya kayak masker; dicampur sedikit air dan di olesin ke wajah sebelum tidur. Khasiatnya oke banget, muka jadi mulus dan kerasa bersih. Gw baru tau ternyata masker tradisional ini juga ampuh buat jerawat. Gw belom sempet coba produk ini buat memerangi jerawat yang sekarang, tapi berhubung udah pernah gw cobain dulu, gw percaya deh efeknya. Great! MySpace Bahan-bahannya juga alami, lebih kayak jamu daripada campuran kimia nggak jelas. Makin sini ni barang emang makin susah dicari, palingan cuma ada di pasar tradisional aja. Menurut thread yang gw baca itu, ternyata ada berbagai merk bedak dingin. Hati-hati jangan sampe salah milih bedak dingin yang udah nggak tradisional lagi ya, campuran kimianya bisa bisa bikin jerawatmu tambah ganas.

Nah, itu dia gerakan anti jerawat yang sedang gw galakkan akhir-akhir ini. Lumayan, kesabaran dan keteguhan gw ada hasilnya. Sekarang, si jerewski ini nggak terlalu membabi buta. Sebagian udah pada kering tinggal bekasnya aja. Ayo, kalian juga sama-sama memerangi polkadot ngeselin ini.MySpace

23 komentar:

  1. sebenarnya ada 1 cara efektif utk hilangin jerawat.yaitu dengan sering berolahraga.soalnya jika keringat sering keluar maka kotoran2 yg ada di wajah akan keluar jg n membuat wajah lebih bersih.aq seh biasanya gt n ternyata emang berhasil. :-)

    BalasHapus
  2. Haduh..muka saya kebetulan blakangan ini lg ada jerawat, di pipi.
    Cukup mengganggu emg.

    BalasHapus
  3. Hmm.. gw dulu juga jerawatan.. pernah pake ponds ama la tulip juga. tapi ga mempan.
    lama2 gw males n gw biarin gitu aja. eeehh.. malah jerawatnya ilang!
    mgkn karena wktu itu lagi puber kali ya.. hihi..

    BalasHapus
  4. widiw
    semangatnya nulis yaaa... :D

    eh ya, emang tuh jerawat emang bikin sewot. heheu...

    salam kenal ya ^^

    BalasHapus
  5. @jacob: waah, nice tips.. ;) tapi, jangan lupa setelah olahraga, wajahnya dibersihin, supaya kotorannya ngga numpuk di muka..hohoho.

    @Zippy: wah, ada faktor penyebab khususnya loh, kalo di pipi..jangan jangan, lagi jatuh cinta yaa?? hihihi

    @Stef'zzz: iya, memang faktor utamanya kan hormon yaa, yang paling banyak bikin jerawatan tuh emang pas masa-masanya puber..ngeselin deh.. X(

    @rosanakmami: iyaa, hehehe.. salam kenal juga rosaa.. ;)

    BalasHapus
  6. hai. btw, produk2 selain ponds nya aku ga tahu cri dimana.

    dimana aku bs carinya??? soalnya aku byk jerawatnya jg

    bales dunk.........

    BalasHapus
  7. khyukhukhukhu
    kayanya itu efek perbuatan saia sebagai ranger polkadot

    BalasHapus
  8. penegn hilang jerawat? sering2 aja wudhu,,,,, d jamin....hehe

    BalasHapus
  9. @echo: kalau yang La Tulipe, bisa di cari di departement-departement store kok. Kayak Griya, Yogya, carrefour dsb. Biasanya, di bagian kosmetik ada masing-masing counternya. Coba tanya produk itu ke counternya La Tulipe. Kalau sabun hijau, biasanya di Apotik. Nah yang terakhir, masker bedak dingin emang udah jarang banget, palingan cuma ada di pasar-pasar tradisional.. :)

    @sapi: Huwaa, saya baru nyadar!! dasar sapi polkadot, pergi kau dari hadapanku!! seenaknya menularkan wabah polkadot padaku! Telenovela action mode on. :P

    @Kni: wah, setujuu! selain ngilangin jerawat, air wudhu juga mengeluarkan cahaya wajah kita yaa, menambah aura positif, hihihi..

    BalasHapus
  10. wajuh, tante kalo jerawatnya udah meradang dan bekasnya dalem" gmn? mempan gak pake saripohatji???

    BalasHapus
  11. oke2.... boleh di coba tipsnya.... :)

    BalasHapus
  12. sis sabun hijaunya beli dimana ? itu produksi drmn yah ? aku mau beli nih....

    BalasHapus
  13. di apotik2 biasanya ada kok sis :)

    BalasHapus
  14. mw tanya dong,kalo beli saripohatji di bandung dimna ya??
    harganya berapa??

    BalasHapus
  15. Pake saripohadji langsung kering 1 kali pake, aku jadi bersih jerawatnya ilang semuaaaa :D

    BalasHapus
  16. Saripohaci di daerah aku banyak tuh, murah lagi cuman 1500 sebungkus

    BalasHapus
  17. sanguan sanguan sanguan ....

    BalasHapus
  18. Punya jerawat emang ngeselin.
    Tapi semenjak pake saripohatji..ilang semua jerawat.

    Bagi sobat2 yang tinggal di pekanbaru, riau dan sekitarnya yang mau beli Bedak Dingin Alami SariPohatji bisa hubungi saya di echie.dije@gmail.com

    ato kunjungi aja saripohatji.blogspot.com

    BalasHapus
  19. Kalo ada yg mau beli/jd reseller bedak saripohatji bisa sms aku di 082125809935. Cuma Rp. 2.000/bgks. Per box Rp. 80.000 (50 bgks)

    BalasHapus
  20. lengkap banget infonya...mksh byk kak...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...